Catatan Orang Awam

aku ini hanya seperti anak kecil yang bermain di tepi laut yang menemukan batu halus dan kerang yang lain dari biasanya, tetapi samudera kebenaran itu sendiri tetap tertutup bagiku. -Isaac Newton-
Total Pageviews
Flag Counter SEO Stats powered by MyPagerank.Net
Home » , , » Daniel Bernoulli

Daniel Bernoulli

Daniel Bernoulli

Daniel Bernoulli
Lahir8 Februari 1700
Groningen, Belanda
Meninggal8 Maret 1782 (umur 82)
Basel, Switzerland
Dikenal atasPrinsip BernoulliTeori kinetika gasTermodinamika
Tanda tangan



Daniel Bernoulli lahir pada tahun 1700 dari sebuah keluarga yang memiliki sejarah panjang sebagai ahli matematika. Ketika beliau lahir, ayahnya menjadi ketua jurusan matematika di universitas Gruningen, Belanda. Ayahnya Bernoulli memiliki pengaruh yang kuat dalam perkembangan Daniel Bornoulli sendiri. Bahkan ayahnya Bernoulli mempunyai keinginan agar Daniel Bernoulli menjadi seorang pedagang bukan seorang ahli matematika seperti dirinya. Namun Daniel Bernoulli tidak menyetujui keinginan ayahnya.

Sama seperti ayahnya Bernoulli, dulu kakek Bernoulli juga menginginkan ayahnya bernoulli menjadi seorang pedagang. Tetapi ayahnya bernoulli menolak keinginan kakeknya tersebut, dan malah menjadi ahli matematika.
Ya benar, secara tidak langsung, tindakan yang dilakukan bernoulli tanpa disadari adalah pengulangan dari tindakan yang dilakukan oleh ayahnya untuk menolak keinginan kakeknya Bernoulli.

Seperti ayahnya, Daniel Bernoulli malah jatuh cinta pada ilmu matematika. Namun seiring berjalannya waktu, ayahnya Bernoulli memutuskan agar Bernoulli lebih baik menjadi dokter daripada menjadi ahli matematika, karena menurut ayahnya, menjadi ahli matematika tidak akan menghasilkan banyak uang.

Di dunia kedokteran itu sendiri, Daniell Benoulli menemukan ketenarannya. Berbekal keahliannya dalam matematika, Bernoulli menemukan cara mengukur tekanan darah. Disitulah awal mula teori hidrodinamika yang terkenal itu terlahir.. Singkat cerita, pada saat Bernoulli hampir menyelesaikan teorinya, ayahnya Bernoulli yang ahli matematika itu mendapat penghargaan dari French Academy.
Dua tahun setelah ayahnya menerima penghargaan tersebut, Bernoulli akhirnya menyelesaikan teorinya dan diakui dalam dunia ilmiah. Sama seperti ayahnya, beliau menerima penghargaan juga dari French Academy.

Tiga tahun kemudian Bernoulli berusaha lebih fokus untuk menyempurnakan teorinya tersebut. Hingga pada akhirnya beliau berhasil dan menerbitkan sebuah buku berjudul “Hydrodynamica, by Daniel Bernoulli, Son of Johann”.

Pada akhirnya Bernoulli mendedikasikan dirinya untuk melayani masyarakat dan menjadi dokter umum.

Penemuan beliau menjadi acuan dasar pada konsep mekanika fluida.
Dan beberapa aplikasi teori bernoulli, dapat kita jumpai pada thermodinamika, kinematika dinamika, proses produksi, sistem hidrolik dan sistem pemipaan, bahan bakar pelumas, dan masih banyak lagi.

Semoga bermanfaat :)


Referensi :
http://blog.uad.ac.id/subakti/2011/12/14/daniel-bernoulli/
http://id.wikipedia.org/wiki/Daniel_Bernoulli
0 Comments
Tweets
comments

0 comments:

Posting Komentar